Mengenali Peristiwa Super Blue Moon yang Ada 30-31 Agustus

Mengenali Peristiwa Super Blue Moon yang Ada 30-31 Agustus

 

Komunitas Pejuang Gacor – Peristiwa astronomi Super Blue Moon bisa terjadi pada 30-31 Agustus. Lalu apa itu Super Blue Moon? Apa bulan akan warna biru?
Untuk jawab pertanyaan yang kemungkinan tebersit oleh detikers, berikut pembahasan komplet mengenai peristiwa Super Blue Moon. Yok dibaca!

 

Supermoon
Saat sebelum membahas lebih jauh mengenai Super Blue Moon, detiker perlu pahami lebih dulu mengenai Supermoon atau Bulan Super. Merilis situs sah NASA peristiwa Supermoon ialah saat Bulan bergerak melingkari Bumi dalam orbit elips, atau lingkaran memanjang, dengan Bumi lebih dekat ke salah satunya segi elips.
Tiap bulannya, Bulan melalui titik paling dekat dengan Bumi (perigee) dan titik paling jauh dari Bumi (apogee). Saat Bulan ada pada atau dekati titik paling dekatnya dengan Bumi di saat purnama, hal tersebut disebutkan “Supermoon”. Sepanjang kejadian ini, karena jarak bulan purnama sedikit dekat sama Bumi dibanding umumnya, karena itu bulan akan terlihat besar sekali dan jelas di langit.

 

Super Blue Moon
Sesudah ketahui mengenai Supermoon, seterusnya kita bahas mengenai Super Blue Moon atau. Istilah Blue Moon atau Bulan Biru ini dipakai saat peristiwa bulan purnama 2x terjadi dalam sebulan.

Transisi Bulan ialah 29,5 hari, menjadi cuma sedikit pendek dari rerata panjang sebulan kalender. Pada akhirannya, ketimpangan itu menyebabkan bulan purnama terjadi pada awal bulan dengan tersisa hari yang cukup buat transisi purnama selanjutnya. Ini selanjutnya menyebabkan terjadi bulan purnama ke-2 pada bulan yang masih sama.

Dalam kata lain, bila bulan purnama terjadi di tanggal 1 atau 2 karena itu kemungkinan akan di ikuti oleh bulan purnama ke-2 di tanggal 30 atau 31. Ini terjadi tiap dua sampai 3 tahun sekali.

Tetapi tidak seluruhnya bulan purnama ialah supermoon. Tapi bulan purnama yang terjadi di awal Agustus lalu ialah Supermoon. Adapun Bulan Purnama ke-2 pada Agustus ini disebutkan Super Blue Moon karena adalah bulan purnama “Supermoon” ke-2 yang hendak terjadi pada bulan Agustus ini.

Apa Supermoon Selalu Disertai Super Blue Moon?

Pertanyaan seterusnya yang kemungkinan ada ialah apa Supermoon akan disertai Super Blue Moon? Jawabnya ialah tidak.

Istilah “supermoon” dipakai untuk memvisualisasikan Bulan Purnama yang terjadi dalam sehari ataupun lebih sesudah perigee, hingga terjadi tiga sampai 4x dalam satu tahun. Sekitaran 25 % dari semua bulan purnama adalah Supermoon, tetapi cuma 3 % dari bulan purnama yang disebut Blue Moon.

Jarak waktu antara Super Blue Moon cukup tidak teratur, dapat capai 20 tahun sekali. Tetapi pada umumnya, reratanya ialah sepuluh tahun sekali. Sesudah muncul di 30-31 Agustus 2023, diprediksi Super Blue Moon ada kembali sekitaran Januari dan Maret 2037.

Ukuran Super Blue Moon
Saat peristiwa Supermoon, Bulan akan kelihatan 14 % semakin lebih besar dibanding saat Bulan paling jauh dari Bumi. Ini serupa dengan ketidaksamaan ukuran di antara seperempat dan satu nikel. Karena Bulan akan ada dekat sama Bumi pada orbitnya. Karena itu Bulan akan terlihat sedikit jelas dari umumnya.

Waktu Super Blue Moon
Pada tahun 2023 ini ada empat peristiwa Supermoon yang terjadi dengan berurut. Dua salah satunya terjadi di bulan yang masih sama, persisnya pada Agustus ini.

Merilis detikNews, Peristiwa Super Blue Moon akan muncul di tanggal 30 Agustus 2023 dan bisa dilihat di daerah Indonesia pada 31 Agustus 2023. Untuk detikers yang ingin tahu, berikut waktu

yang pas untuk semuanya daerah:

Jam 08.35 WIB
Jam 09.35 Wita
Jam 10.35 WIT

 

Serangkaian Supermoon Tahun 2023
Serangkaian Supermoon ini belum selesai. Paling akhir, Peristiwa Supermoon akan balik terjadi pada 29 Kedepan.

Untuk lebih detilnya, berikut daftar agenda Supermoon tahun 2023:

Buck Moon: 3 Juli 2023

 

Sturgeon Moon: 1 Agustus 2023
Blue Moon: 30 Agustus 2023
Harvest Moon: 29 September 2023.
Nach tersebut pembahasan mengenai Super Blue Moon yang hendak muncul di 30-31 Agustus 2023. Mudah-mudahan berguna ya detikers!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *