Profile Thom Haye, Pemain Heerenveen yang Ngebet Dinaturalisasi PSSI

Profile Thom Haye, Pemain Heerenveen yang Ngebet Dinaturalisasi PSSI

Jakarta, MGO777 — Thom Haye optimis akan selekasnya perkuat Tim nasional Indonesia. Berikut profile Thom Haye yang bermain untuk club Eredivisie SC Heerenveen.
Akun sosial media Instagram Haye diserang netizen. Nyaris di tiap upload pria 28 tahun ini ada ajakan atau anjuran menjadi masyarakat negara Indonesia (WNI) supaya bisa bela Tim nasional Indonesia.

Awalannya Haye tidak demikian perduli. Tetapi gelombang ajakan itu semakin besar. Jumlah penganut Haye dari Indonesia juga bertambah tajam. Ini membuat Haye mulai berpikiran sesuatu waktu bela Indonesia.

Itu dikatakan Haye dalam bincang-bincang dengan ESPN Belanda. Dia memiliki keyakinan kelak akan bela Tim nasional Indonesia. Untuk sekarang ini penawaran belum tiba dari PSSI.

“Ya, itu [memperkuat Tim nasional Indonesia] akan menggembirakan, dan itu bisa terjadi. Saya masih optimis hal tersebut bisa terjadi,” tutur Haye dalam podcast ESPN yang diupload di sosial media.

Nama panjangnya ialah Thom Jan Marinus Haye. Pemain berposisi pemain tengah ini terlahir di Amsterdam pada 9 Februari 1995. Haye mempunyai darah Indonesia dari kakek faksi ibu yang dari Sulawesi.

Haye mulai memperdalam sepak bola semenjak belia di sekolah tinggi Amsterdamsche FC. Pada 2006 dia berpindah ke sekolah tinggi AZ Alkmaar. Club yang berbasiskan di Area Zaan ini juga yang memberikannya kontrak professional pertama.

Saat sebelum bela AZ, Haye telah teratur diundang ke timnas Belada U-15 sampai U-17. Bersama Belanda U-17 Haye raih titel juara Piala Eropa U-17 2012 sesudah menaklukkan Jerman U-17 di final MGO303.

Kualitas umur mudanya ini juga yang membuat AZ berani melakukan investasi memberikannya kontrak professional. Kiprah professional Haye terbentuk pada 23 Februari 2004, dalam pertandingan AZ versi Ajax.

Walau berkilau pada usia muda, Haye akhir kali bela Belanda pada 2005. Sesudah bela Belanda U-21, namanya sebelumnya tidak pernah kembali masuk susunan pemain yang diundang tim nasional Belanda.

Walau begitu profesi mudanya jadi berlanjut. Dia beralih-pindah club dari Willem II, Lecce, ADO Den Haag, NAC Breda, sampai sekarang bela Heerenveen di persaingan Eredivisie.

Bila statistik Haye diamati dengan cermat, kwalitasnya tidak demikian spesial. Walaupun demikian dia salah satunya pemain tengah yang menit bermainnya lumayan tinggi dalam persaingan musim ini.

Musim ini Haye telah tampil 13 kali bela Heerenveen dengan menyumbangkan 2 gol dan satu assist. Akankah Haye dinaturalisasi PSSI? Jawabnya bergantung Shin Tae Yong dan Erick Thohir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *