Keanekaragaman Budaya Indonesia dalam Semangat Nasionalisme

Keanekaragaman Budaya Indonesia dalam Semangat Nasionalisme


Indonesia mempunyai peninggalan budaya yang kaya. Daerah kepulauan yang menghampar dari Sabang sampai Merauke membuat Indonesia mempunyai keberagaman budaya dari beragam suku bangsa. Berdasar sensus Tubuh Pusat Statistik di tahun 2010, ada lebih dari 300 barisan etnik atau 1.340 barisan suku bangsa di Indonesia. Keberagaman ini mencetus semboyan Bhineka Tunggal Ika yang bermakna berbeda tetapi masih tetap satu. Walau mempunyai bermacam macam suku, budaya, agama, dan kelompok, Indonesia teruslah satu kesatuan. Semboyan itu kukuhkan jika sebenarnya keberagaman yang berada di negeri kita ini sebagai kekayaan dan keelokan bangsa Indonesia yang tidak dipunyai oleh negara lain.

Baca Juga : Meningitis – Pemicu, tanda-tanda, dan penangkalan

Beragam keberagaman itu melahirkan bentuk keberagaman budaya Indonesia. Keberagaman budaya itu bermacam-macam, seperti rumah tradisi, upacara tradisi, baju tradisi tradisionil, tarian tradisi tradisionil, alat musik dan lagu tradisionil, senjata tradisionil, bahkan juga bermacam makanan ciri khas.

1. Rumah Tradisi

Rumah tradisi tradisionil ialah sebuah konstruksi atau bangunan yang menyengaja dibuat dan dibikin sama dari setiap angkatan tanpa ada modifikasi. Rumah tradisi masih sampai sekarang masih dipertahankan, baik sisi manfaat, peranan sosial, dan budaya dibalik corak atau design bangunan itu. Bahkan juga, nama rumah tradisi di setiap wilayah juga berlainan.

2. Upacara Tradisi

Upacara tradisi adalah bentuk tradisi istiadat atau rutinitas warga tradisionil yang memiliki beberapa nilai berkaitan untuk kehidupan dan keperluan warga. Upacara tradisi dikenali sebagai salah satunya peninggalan leluhur di wilayah masing-masing yang dijaga dan dilestarikan dengan temurun. Walaupun perubahan jaman makin maju, tetapi upacara tradisi tidak dilalaikan oleh beberapa warga. Hal tersebut karena upacara tradisi mempunyai nilai filosofis dan kemampuan tertentu oleh beberapa warga di tempat.

3. Baju Tradisi Tradisionil

Baju tradisi tradisionil sebagai salah satunya jati diri dari salah satunya suku. Langkah pertama yang dipakai saat mengenal sesuatu suku dengan menyaksikan baju adatnya, selainnya menyaksikan dari rumah adatnya. Umumnya baju tradisi dikenai saat upacara tradisi berjalan. Bersamaan dengan perubahan jaman, baju tradisi sudah menjadi satu diantara trend dalam berbusana. Bahkan juga banyak yang melakukan modifikasi baju tradisi supaya kelihatan trendy, walaupun dikenai saat acara tidak resmi dan dipadupadankan baju kekinian.

4. Tarian Tradisi Tradisionil

Tarian tradisi kerap jadi satu serangkaian dalam formalitas upacara tradisi. Tarian tradisi tradisionil wajarnya mempunyai karakter yang menunjukkan budaya dan kearifan wilayah di tempat. Tarian tradisi tradisionil menjadi satu diantara keberagaman budaya Indonesia yang populer dan banyak dipertunjukkan pada acara penting tingkat Internasional.

5. Alat Musik dan Lagu Tradisionil

Indonesia memiliki beragam alat musik tradisionil unik dan khas. Bahkan juga beberapa alat musik tradisionil Indonesia sudah dikenali sampai ranah Internasional. Untuk kehidupan warga tradisi, alat musik tradisionil mempunyai 3 peranan, sebagai salah satunya media atau fasilitas upacara tradisi, pengisi latar musik pada pergelaran seni, dan fasilitas gestur, kreativitas, bahkan juga komunikasi.

6. Senjata Tradisionil

Awalannya senjata tradisionil dipakai untuk memburu, berkebun sampai membuat perlindungan diri dari lawan. Seiring waktu berjalan, senjata tradisionil jadi jati diri dan lambang dari sesuatu suku dan asset kebudayaan sebuah wilayah yang memiliki kandungan nilai dan etika budaya yang diyakini warga itu.

7. Makanan Ciri khas

Kelihatannya tidak cantik jika makanan di wilayah tidak jadi jati diri wilayah itu. Sebagai negara kepulauan dengan tanahnya yang subur dan bisa tumbuhkan beragam tipe tanaman, jadikan Indonesia kaya hasil bumi yang bermacam. Hingga ada hidangan ciri khas dari setiap wilayah dengan manfaatkan hasil bumi yang terdapat. Hidangan itu membuat makanan ciri khas dengan cita-rasa yang menempel setiap sajiannya.

Keberagaman budaya Indonesia tiba dari beragam kebudayaan lokal yang tetap berkembang dan tumbuh. Adapun timbulnya keberagaman budaya itu akibatnya karena dampak yang terlihat dan mengembang dalam masyarakat. Hingga membuat kebudayaan tersebut. Seiring waktu berjalan, perubahan kebudayaan memiliki peranan dan peranan untuk tingkatkan semangat nasionalis. Hal tersebut karena budaya lokal berisi beberapa nilai sosial yang penting diaplikasikan oleh setiap warga Indonesia tersebut.

Bahkan juga dengan perubahan info yang makin global, budaya Indonesia makin menebar bukan hanya di Indonesia saja. Beberapa negara luar sudah mengenali budaya asli Indonesia. Hingga memancing ketertarikan untuk bertandang dan pelajari budaya itu. Ini karena semangat nasionalis beberapa angkatan muda Indonesia yang bukan hanya menjaga budaya lokal. Tetapi menebarkan sampai ke luar Indonesia.

Beberapa kegiatan dilakukan dalam rencana mengenalkan budaya itu. Dimulai dari cakupan nasional sampai internasional. Bukan hanya dalam Indonesia saja, aktivitas digelar di luar Indonesia, seperti pada kantor dubes Indonesia di setiap negara. Budaya lokal yang dikenalkan salah satunya ialah masakan ciri khas Indonesia, baju tradisi dan tarian tradisionil.

Originally posted 2023-07-09 08:42:09.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *