Tahun Baru Islam 1445 Hijriah Jokowi: Silahkan Berhijrah dan Mengambil langkah Maju

Presiden Joko Widodo ucapkan selamat tahun baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah, yang jatuh pada Rabu (19/7/2023). Jokowi ajak semua warga untuk berhijrah dan mengambil langkah maju.

“Silahkan berhijrah dan mengambil langkah maju,” kata Jokowi d ikutip dari account Instagramnya @jokowi, Rabu (19/7/2023).

Jokowi ajak warga tinggalkan semua masalah yang tidak harus. Termasuk, kendala yang meredam untuk mengambil langkah maju.

“Tinggalkan semua masalah yang tidak harus. Melepaskan semua kendala yang meredam kita meluncur,” katanya.

 

Pada 2023 ini, tahun baru Islam 1445 H 1 Muharram jatuh pada Rabu 19 Juli 2023. Karena itu, malam 1 Suro atau 1 Muharram terjadi pada Selasa petang-malam, 18 Juli 2023.

Di beberapa wilayah, ada beragam adat untuk mengingati tahun baru Islam. Juga, dengan warga Jawa yang mempunyai adat berdasarkan kearifan lokal. Pasti tidak seluruhnya orang dapat lakukan adat yang mewajibkan seorang ada pada tempat dalam periode waktu lama.

Tetapi, kita masih tetap dapat lakukan ibadah berharga beribadah saat malam 1 Muharram, walau tengah melancong. Salah satunya referensi ibadah malam 1 Suro ialah membaca surat Al-Ikhlas.

Kita akan mendapat beragam fadhilah atau kelebihan surat Al-Ikhlas. Kita akan berlimpah faedah dengan membaca surat Al-Ikhlas. Ditambah surat ini pendek dan hampir semua umat Islam hafal di luar kepala.

Sekjen ASEAN Katakan Selamat Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah

Sekretaris Jenderal ASEAN Kao Kim Hourn mengucapkan Tahun Baru Islam ke beberapa diplomat dan umat Muslim. Tahun baru Hijriyah 1445 jatuh di tanggal 19 Juli 2023.

Perkataan selamat itu diberi oleh Kao Kim Hourn waktu memberikan paparan pada Outcomes of the 56th ASEAN Foreign Ministers’ Rapat/Post-Ministerial Concerences yang mana pertemuan-pertemuannya baru diadakan minggu kemarin. Penjabaran itu diberi Kao Kim Hourn ke beberapa dubes asing dan media.

Ke beberapa dubes, Kim Kao Hourns menerangkan jika Tahun Baru Islam adalah hari yang diperingati di Indonesia dan beberapa negara Muslim di dunia.

“Saya ingin memakai kesempatan kali ini untuk mengucapkan ke beberapa anggota korps diplomatik, media, dan beberapa staf yang rayakan Tahun Baru Islam 1445 yang gembira ini,” tutur Kao Kim Hourn di dalam kantor Sekretariat ASEAN, Jakarta, Selasa (18/7).

 

“Mudah-mudahan kalian diberi berkah kesehatan yang bagus, kenyamanan, kesejahteraan, dan keceriaan pada satu tahun di depan. Selamat tahun baru Islam,” katanya.

Originally posted 2023-07-19 06:35:04.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *