Semua Harus Tahu Ini Supaya Tenang Hidup di Zaman Digital

Tiap orang yang memakai internet, minimal tinggalkan tapak jejak digital. Tapak jejak digital ini meliputi keseluruhnya kegiatan Anda waktu memakai internet.
Karena itu, penting untuk Anda pahami implementasi atau imbas dari ada tapak jejak digital. Karena dengan memahami, Anda membuat perlindungan data personal dengan meminimalkan tapak jejak digital, satu diantaranya dapat dengan menghapusinya dari internet.

 

Berikut cara-cara untuk hapus tapak jejak digital pada internet:

 

1. Menggunakan Incognito

Kamu dapat lakukan pencarian internet dengan model incognito atau privat pada browser. Dengan model ini, program tidak akan merekam situs yang didatangi termasuk keyword yang dipakai.

Tetapi sebagai catatan, tidak berarti langkah ini membuat kamu tidak terlacak sama sekalipun. Untuk contoh saat masuk ke dalam Facebook, kegiatan masih tetap terekam. Untuk tutupi ISP, kamu dapat memakai VPN waktu melakukan aktivitas di jagat maya.

 

2. Mengecek Data yang Mempunyai potensi Bocor

Kebocoran data bukan suatu hal yang baru. Sebagai pemakai internet, kamu dapat memperhitungkannya.

Triknya dengan memakai masuk ke dalam website Have I Been Pwned? ini adalah service gratis menolong orang mengecek apa informasi data pemakai sebelumnya pernah bocor atau dikompromikan.
Isi alamat e-mail di website itu, dan selanjutnya kamu akan menyaksikan data apa yang dulu pernah bocor sebelumnya.

 

3. Hapus Semua Cookie

Langkah selanjutnya dengan hapus semua cookie. Dengan demikian tidak lagi ada situs yang dapat dicari.

Ini dapat dilaksanakan di semua browser yang digunakan dari Krom sampai Firefox. Bila tidak mau meng ikuti proses panjang dengan bersihkan satu demi satu, pakai alat faksi ke-3 seperti Advanced Sistem Optimizer untuk menghapusinya sekalian.

 

4. Batasi Pencarian dari Program

Tiap program memiliki pendekatan sedikit berlainan untuk menulis kegiatan pemakainya dan beberapa salah satunya biarkan pemakai nyaman dengan incognito. Program lain akan stop mencari saat pemakai meminta.

Tetapi, sebagai langkah pertama terbaik ialah mengecek penataan untuk hentikan pencarian. Bila tidak temukan pilihan ini, hapus semua kegiatan lewat cara manual. Proses itu akan bervariatif tergantung pada mekanisme operasi yang dipakai.

 

5. Hapus Kisah Penelusuran

Banyak apalikasi yang simpan data pemakainya baik secara lokal atau cloud. Dengan demikian, program bisa menyesuaikan info ke piranti lain.

Maknanya untuk hapus log penelusuran dari handphone, harus hapus catatan di beberapa basis. Misalnya account Google akan simpan kisah penelusuran yang digerakkan dari handphone Android. Untuk menghapusinya, membuka akses dari browser website dan membuka situs kisah kegiatan Google, lalu hapus.

 

6. Memakai Service DeleteMe

Pengepul data seperti Spokeo, Whitepages.com, PeopleFinder ialah beberapa nama yang telah banyak dikenali kumpulkan info dan jual ke faksi ke-3 .

Untuk menghapusinya, pakai service seperti DeleteMe atau Deseat.me yang sanggup menolong kamu bersihkan tapak jejak digital.

Originally posted 2023-07-23 06:17:48.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *