Media Asing Soroti Registrasi Capres-Cawapres RI untuk Pemilu 2024

Media Asing Soroti Registrasi Capres-Cawapres RI untuk Pemilu 2024

 

link alternatif mgo303 – Beberapa media asing menyorot registrasi capres (calon presiden) dan cawapres (calon wakil presiden) Indonesia ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk pilpres 2024.
Media Singapura Kanal News Asia (CNA) menyampaikan RI dengan cara resmi masuk masa pemilihan presiden ini hari Kamis (19/10) dengan dibukanya registrasi untuk calon capres-cawapres yang ingin berkontestasi pada 2024 kedepan.

 

Berdasar laporan CNA, lebih dari 204 juta masyarakat RI akan masuk bedeng suara pada 14 Februari 2024. Waktu itu, masyarakat Indonesia tidak hanya meng ikuti pemilihan presiden, tapi juga pemilu legislatif (pileg) untuk pilih anggota DPR RI, anggota DPRD propinsi, anggota DPRD kabupaten/kota, dan anggota DPD RI.

“Secara keseluruhan, lebih dari 20.000 posisi diperebutkan, tersebut penyebabnya beberapa ahli dan media mengatakan sebagai pemilu sehari paling besar di dunia,” tulis CNA.

 

Media Negeri Singa yang lain, The Straits Times, memberitakan jika Indonesia sudah mengawali musim pemilu pada Kamis, yang dimeriahi teriakan beberapa ribu simpatisan akan capres-cawapres di sepanjangnya jalan ke arah KPU.

 

The Straits Times tuliskan demam pemilu di Indonesia bertambah saat dua pasangan capres-cawapres sah daftarkan diri ke KPU..

 

“Itu adalah lautan bendera partai di Komisi Pemilihan Umum Indonesia (KPU) di Jakarta Pusat pada Kamis, hari awal registrasi calon. Keramaian masyarakat meneriakkan beberapa nama calon mereka, membacakan doa untuk kemenangan mereka, dan menari bersama musik yang menggelegar dari pengeras suara,” tulis The Straits Times.

 

The Straits Times menggarisbawahi jika dua calon yang sudah sah mendaftarkan yaitu pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

“Registrasi usai pada 25 Oktober dan pemilihan akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024. Lebih dari 204 juta orang Indonesia diprediksi akan pilih,” begitu melapor portal informasi itu.

Media Australia, ABC News, menyorot meriah support dari beberapa ribu masyarakat Indonesia yang memberi warna KPU pada Kamis dengan bendera parpol jagonya.

 

ABC News menyebutkan lebih dari 2.400 aparatur kepolisian dikeluarkan disekitaran gedung KPU. Jalanan di ibukota juga ditutup sampai mengakibatkan macet panjang.

Kantor informasi itu tuliskan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud adalah pasangan pertama kali yang sah mendaftarkan di KPU. Dalam pada itu, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto disebutkan akan selekasnya mendaftarkan untuk turut bertanding merebutkan puncak kekuasaan.

 

Walau demikian, belumlah jelas kapan Prabowo akan mendaftarkan karena yang berkaitan sampai sekarang belum umumkan pasangannya.

“Batasan waktu untuk calon untuk mendaftarkan untuk pemilihan legislatif dan presiden pada 14 Februari 2024, ialah Rabu depan,” tulis ABC News.

Kantor informasi Jepang, Nikkei Asia, menyampaikan registrasi beberapa calon ini. Nikkei Asia menyorot registrasi Ganjar dan Anies yang di ramaikan beberapa simpatisan masing-masing.

 

Nikkei Asia mencuplik pidato Ganjar yang ingin membuat Indonesia bisa lebih cepat, satu diantaranya dengan menuntaskan hilirisasi peralihan energi. Dalam pada itu, Nikkei Asia tuliskan janji Anies untuk bawa beberapa ide peralihan, termasuk memberi kesejahteraan untuk golongan kecil.

 

Dalam laporan itu, Nikkei Asia ikut menyorot Prabowo yang masih belum segera mendaftarkan karena belum umumkan calon pengiringnya. Media itu juga menyampaikan kabar jika Prabowo kemungkinan sedang pertimbangkan Menteri BUMN Erick Thohir, putra Jokowi Gibran Rakabuming Raka, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sebagai akan cawapresnya.

“Beragam jajak opini sepanjang satu tahun akhir secara stabil memperlihatkan Baswedan ketinggalan jauh ada di belakang Subianto dan Pranowo, yang terlilit kuat untuk urutan kesatu,” tulis Nikkei Asia.

Originally posted 2023-10-19 13:08:28.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *