Menelusuri Kearifan Lokal di Sejumlah Dusun Rekreasi Paling tinggi di Indonesia

Menelusuri Kearifan Lokal di Sejumlah Dusun Rekreasi Paling tinggi di Indonesia

Menelusuri Kearifan Lokal di Sejumlah Dusun Rekreasi Paling tinggi di Indonesia

Heartsonfirereviews.com, Yogyakarta – Dusun rekreasi selalu simpan keunikannya tertentu, termasuk desa-desa rekreasi yang ada di ketinggian. Kearifan lokal menjadi satu diantara daya magnet untuk desa-desa rekreasi yang berada di daratan tinggi Indonesia .

Nilai lebih lain dari tempat geografis ini ialah keelokan alamnya yang menarik hati ditambahkan udaranya yang condong lebih sejuk. Sejumlah dusun rekreasi paling tinggi di Indonesia sempat juga memenangi Karunia Dusun Rekreasi Indonesia (ADWI) 2022.

Mencuplik dari kemenparekraf.go.id, berikut sejumlah kearifan lokal dusun rekreasi paling tinggi di Indonesia:

1. Menenun (Daerah Bena Inire)

Daerah Bena Inire ada di Dusun Tiwu Riwu, Jerebu’u, Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dusun rekreasi ini ada di kaki Gunung Inerie, dengan ketinggian capai 2.245 mdpl.

Beberapa rumah tradisi semenjak jaman Megalitikum tetap berdiri kuat di sini. Rumah tradisi di Daerah Bena Inire masih tradisionil, yaitu sisi atap rumah dibuat dari alang-alang dan lantai rumah yang dibuat dari batu-batuan gunung.

Menariknya, ada kearifan lokal yang tetap dijaga sampai sekarang ini, yaitu menenun. Pelancong dapat coba pengalaman menenun di dusun rekreasi paling tinggi satu ini.

2. Penyemayaman Tradisi dan Rumah Tradisionil Tongkonan (Dusun Kete Kesu)

Dusun Kete Kesu ada di Daerah Bonoran, Kelurahan Tikunna Malenong, Sanggahlangi, Toraja Utara. Dusun ini ada di lereng-lereng pegunungan dengan ketinggian sekitaran 1.400 mdpl.

Salah satunya kearifan lokal yang tetap dijaga sampai saat ini ialah penyemayaman tradisi yang ditempatkan di gua-gua atas tebing. Selainnya penyemayaman tradisi, ada pula rumah tradisionil Toraja, Tongkonan. Tongkonan ialah rumah pentas yang mempunyai atap seperti sundul kerbau membubung.

Ruwat Gimbal

3. Ruwat Gimbal (Dusun Sembungan)Berada pada ketinggian 2.300 mdpl, Dusun Sembungan berada di Kecamatan Kejajar, Wonosobo, Jawa tengah. Selainnya keelokan pemandangan alamnya, dusun rekreasi ini mempunyai kearifan lokal yang tetap terbangun.

Pelancong dapat menyaksikan kearifan lokal upacara ruwat gimbal. Upacara tradisi yang diselenggarakan tiap 1 Suro (di antara Agustus-September) ini adalah acara pemangkasan rambut pada anak memiliki rambut gimbal. Upacara itu mempunyai tujuan untuk bersihkan beberapa anak dari beberapa hal jelek.

Karena terjaganya kearifan lokal ini, Dusun Sembungan mendapatkan Rangking 1 Dusun Rintisan ADWI 2022. Selainnya kearifan lokalnya, dusun rekreasi ini tawarkan sejumlah tujuan rekreasi terkenal, seperti Pucuk Sikunir, Gunung Pakuwaja, Telaga Cebong, sampai Curug Sikarim.

4. Unan-Unan (Dusun Ranupani)

Dusun Rekreasi Ranupani ada di Kecamatan Senduro, Lumajang, Jawa Timur. Dusun rekreasi yang ada di ketinggian 2.100 mdpl ini sudah jadi basecamp beberapa pendaki Gunung Semeru.

Selainnya Danau Ranupani, di dusun rekreasi ini terdapat Rumah Budaya Ranupani. Beragam pergelaran tari dan musik tradisionil sering diadakan di situ.

Disamping itu, Dusun Rekreasi Ranupani teratur melangsungkan adat unan-unan tiap 5 tahun sekali, persisnya di tahun Landung menurut penanggalan tradisionil. Pada adat ini, ada acara menanam kepala kerbau yang mempunyai tujuan untuk bersihkan dusun supaya selamat dari musibah.

5. Upacara Karo (Dusun Argosari)

Ada di ketinggian 2.000 mdpl, Dusun Argosari berada di kaki Gunung Bromo. Lebih persisnya, dusun ini ada di Senduro, Lumajang, Jawa Timur.

Dusun Argosari populer dengan panorama negeri di awan. Disamping itu, Dusun Argosari tetap menjadi satu diantara rumah Suku Tengger.

Salah satunya kearifan lokal yang tetap terus terbangun di dusun ini ialah upacara karo. Upacara yang diselenggarakan di bulan kedua Tahun Saka Hindu Tengger ini mempunyai tujuan untuk kembalikan kesucian dan penghilangan dosa masyarakat Suku Tengger MGO55.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *