Mengenali Demensia, Penyakit yang Diderita Almarhum Bekas Ibu Negara AS Rosalynn Sewa

Mengenali Demensia, Penyakit yang Diderita Almarhum Bekas Ibu Negara AS Rosalynn Sewa

 

MGO303 – MANTAN Ibu Negara AS, Rosalynn Sewa, wafat pada Minggu 19 November 2023. Ia meninggal pada umur 96 tahun dan menghembuskan napas paling akhir di tempat tinggalnya yang ada di Georgia, AS.

 

Berita kematiannya Rosalynn dipublikasikan oleh Sewa Center, sebuah organisasi nirlaba yang ia dirikan bersama suaminya, bekas Presiden AS Jimmy Sewa.

 

“Bekas Ibu Negara Rosalynn Sewa, seorang pejuang kesehatan psikis, pengasuhan, dan hak-hak wanita, wafat pada Minggu, 19 November, jam 14.10 di tempat tinggalnya di Plains, Georgia, pada umur 96 tahun, ditemani keluarga di seginya,” tulis pengakuan Sewa Center.

 

Keluarga Sewa umumkan awalnya tahun ini jika Rosalynn menderita demensia. Ia mulai mendapat perawatan dengan standar rumah sakit di tempat tinggalnya pada Jumat 17 November 2023. Suaminya terima perawatan dengan standar rumah sakit di tempat tinggal mereka di Plains, Georgia.

 

Dikutip dari situs WHO, Selasa (21/11/2023) demensia MGO777 adalah panggilan untuk sejumlah penyakit yang memengaruhi ingatan, berpikiran, dan kekuatan beraktivitas setiap hari. Penyakit ini makin lebih buruk seiring waktu berjalan. Penyakit ini khususnya serang orang lansia, tetapi tidak seluruhnya orang akan merasakannya bersamaan pertambahan umur.

 

Demensia ialah sesuatu sindrom yang bisa disebabkan karena beberapa penyakit yang seiring berjalannya waktu merusak beberapa sel saraf dan menghancurkan otak. Umumnya mengakibatkan pengurangan peranan kognitif (yakni kekuatan mengolah pikiran), melewati apa yang diharap dari resiko biologis yang umum dan penuaan.

 

Walaupun kesadaran tidak dipengaruhi, masalah peranan kognitif umumnya dibarengi, dan terkadang didului, oleh peralihan situasi hati, kendalian emosi, sikap, atau motivasi.

Demensia memiliki imbas fisik, psikis, sosial dan ekonomi, bukan hanya untuk pasien demensia, tetapi untuk orang yang menjaganya, keluarga dan warga keseluruhannya.

 

Sering ada minimnya kesadaran dan pengetahuan mengenai demensia, yang menyebabkan stigmatisasi dan kendala dalam analisis dan perawatan.

 

Beberapa hal yang tingkatkan dampak negatif terserang demensia diantaranya:

 

1. Umur (seringkali terjadi dari mereka yang berumur 65 tahun atau lebih)

2. Tekanan darah tinggi (hipertensi)

3. Gula darah tinggi (diabetes)

4. Berat badan yang berlebih atau kegemukan

5. Merokok

6. Minum kebanyakan alkohol

7. Jadi tidak aktif secara fisik

8. Jadi terisolasi dengan cara sosial

9. Stres.

Pemicu umum demensia

Demensia disebabkan karena beragam penyakit atau luka yang langsung dan tidak segera menghancurkan otak. Penyakit Alzheimer ialah bentuk umum dan berperan pada 60-70 % kasus.

Bentuk yang lain termasuk demensia vaskular, demensia dengan tubuh Lewy (penumpukan protein yang tidak normal dalam sel saraf), dan satu kelompok penyakit yang berperan pada demensia frontotemporal (degradasi lobus frontal otak).

Demensia bisa berkembang sesudah stroke atau dalam kerangka infeksi tertentu seperti HIV, karena pemakaian alkohol yang beresiko, luka fisik berulang-ulang dalam otak (dikenali sebagai ensefalopati traumatis akut) atau kekurangan gizi.

Originally posted 2023-11-21 05:53:01.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *