Lebaran 2024, Arus Lalu Lintas Tol Jagorawi sampai Jawa Barat Bertambah

Lebaran 2024 Arus Lalu Lintas Tol Jagorawi sampai Jawa Barat Bertambah

Lebaran 2024, Arus Lalu Lintas Tol Jagorawi sampai Jawa Barat Bertambah

Jasa Marga menulis ada kenaikan arus lalu lintas di batas tol tempat Jakarta, Bogor Tangerang, Bekasi atau Jabotabek, dan Jawa Barat pada hari awal Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah yang jatuh pada Rabu, 10 April 2024.

Pemasaran and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad, Panji Satriya, sampaikan kepadatan lalu lintas terlihat di batas Tol Jagorawi, JORR, Jakarta-Tangerang, Cipularang, dan Padaleunyi.

“Pada batas Tol Jagorawi terlihat volume lalu lintas lumayan tinggi pada Gerbang Tol (GT) Ciawi 1. Kenaikan lalu lintas terjadi pada batas Jagorawi arah Pucuk lewat GT Ciawi 1, terdaftar sekitar 38.655 kendaraan ataupun lebih tinggi 23,28 % dibanding lalu lintas harian normal sekitar 31.355 kendaraan,” tutur Panji dalam penjelasannya, Kamis (11/4/2024).

Dalam pada itu, kenaikan arus lalu lintas untuk arah barat pada batas JORR lewat GT Cikunir 6 terdaftar sekitar 8.690 kendaraan lewat, ataupun lebih tinggi 10,88 % dibanding lalu lintas harian normal sekitar 7.837 kendaraan.

Selanjutnya arah utara pada batas Jakarta-Tangerang, di GT Cikupa arah Dermaga Merak ada sekitar 43.589 kendaraan lewat, lebih rendah 6,84 % dibanding lalu lintas harian normal sekitar 46.787 kendaraan.

“Daerah Jawa Barat, lalu lintas ke arah Selatan alami kenaikan, terlihat 45.040 kendaraan melewati Gerbang Tol Kalihurip Khusus arah Bandung, bertambah 65.47 % dibanding lalu lintas harian normal sekitar 27.220 kendaraan,” terang Panji.

Adapun lalu lintas ke arah Kota Bandung terlihat ramai dibanding lalu lintas harian normal, dengan 32.964 kendaraan melewati GT Pasteur arah Bandung ataupun lebih tinggi 0,44 % dibanding lalu lintas harian normal sekitar 32.821 kendaraan.

“Untuk arah Rancaekek, Sumedang, Garut dan sekelilingnya, terlihat kenaikan volume lalu lintas pada GT Cileunyi, sekitar 39.890 kendaraan lewat, bertambah 56.59 % dibanding lalu lintas harian normal sekitar 25.474 kendaraan,” bebernya.

Panji mengatakan faksinya memprediksikan masih bisa terjadi kenaikan volume lalu lintas di hari ke-2 Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah dampak kegiatan bersilahturahmi.

“Jasa Marga menghimbau ke warga supaya menyiapkan diri saat sebelum lakukan perjalanan dengan pastikan fisik dan kendaraan pada keadaan sempurna, memerhatikan kecukupan BBM dan saldo e-toll untuk kenyamanan perjalanan,” Panji menandaskan.

Penyiapan Polda Metro Jaya Mengantisipasi Kemacetan Arus Kembali ke Jakarta

Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya sudah menyiapkan langkah-langkah untuk menghambat berlangsungnya kemacetan kendaraan yang hendak ke arah Jakarta dan sekelilingnya saat arus kembali lebaran 13-16 April 2024.

“Kita telah menyiapkan untuk arus kembali, karena kita sudah minta data saudara kita keluar Jabodetabek itu ada 1.035.000 juta demikian kendaraan yang keluar,” kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Komisaris Besar (Kombes) Polisi Latif Usman d ikutip Kamis (11/4/2024).

Latif menginginkan pemudik yang hendak ke arah Jakarta dan sekelilingnya dapat atur kepeluangan dengan manfaatkan empat hari saat arus kembali yang sudah dipersiapkan. Sehingga kurangi kepadatan di hari yang masih sama. Disamping itu, beberapa pemudik disarankan untuk mempersiapkan keadaan badan saat lakukan perjalanan kembali lagi ke Jakarta.

“Saya menginginkan warga yang kembali lagi ke Jakarta menyiapkan benar keadaan tubuhnya dan siap benar-benar operasional di jalan. Janganlah sampai kekurangan bensin, dan kendaraannya belum siap. Ini kita benar-benar menghimbau dari saat ini,” katanya.

Gunakan Tol Cimanggis – Cibitung

Disamping itu, supaya tidak ada penimbunan di simpang atur Cikunir yang ke arah JORR Selatan ke arah Pondok Cantik, lantas JORR Utara ke Tanjung Priok, dan akses Halim Khusus Tol Dalam Kota, karena itu pemudik dapat manfaatkan tol fungsional yaitu Tol Cimanggis-Cibitung yang bisa dipakai warga sampai 16 April 2024 bersama waktu operasional 06.00 WIB sampai 17.00 WIB.

“Oleh karena itu warga yang hendak pulang ke Bogor, Depok, Cibubur, dapat melalui itu (Tol Cimanggis-Cibitung). Tidak melalui Cikunir, sebab ada waktu pintas jarak menempuh yang krusial,” tutur Latif.

“Begitupun yang hendak ke arah utara, Jakarta Barat, Tangerang, silahkan tidak untuk memaksa harus masuk Tol Dalam Kota, tetapi melalui Cibitung langsung dengan Semper yakni Tanjung Priok semakin lebih gampang,” sambungnya.

Persiapkan Contraflow Tol Dalam Kota

Dalam pada itu, bila keadaan Tol Dalam Kota tetap terjadi penimbunan, petugas sudah mempersiapkan mekanisme contraflow. Dengan demikian kendaraan yang hendak ke arah wilayah Jakarta Barat dapat terus jalan.

“Akan lakukan contraflow yakni dari pintu Tol Halim yang telah seperti pagi biasa kita kerjakan. Mungkin kelak dapat sampai Slipi atau sampai depan Polda Metro Jaya atau kelak sampai depan DPR,” jelasnya.

“Ini persiapan kita, dan harus dipahami warga saya mengucapkan terima kasih ke media untuk menyosialisasikan ini karena warga akan mengetahui jalan mana yang dapat nyaman buat mereka akan balik ke Jakarta,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *