PSSI Layangkan Protes atas Kepimpinan Wasit Nasrullo Kabirov saat Musuh Qatar

Erick Thohir pastikan PSSI resmi akan protes ke Federasi AFC atas wasit Nasrullo Kabirov di pertandingan timnas Indonesia U-23 vs Qatar

PSSI Layangkan Protes atas Kepimpinan Wasit Nasrullo Kabirov saat Musuh Qatar

Ketua Umum PSSI Erick Thohir pastikan PSSI dengan cara resmi akan melontarkan protes ke Federasi Sepak Bola Asia (AFC) atas kepimpinan wasit Nasrullo Kabirov di pertandingan di antara tim nasional Indonesia U-23 versus Qatar pada pertandingan pertama Piala Asia U-23 2024. Pasalnya wasit asal Tajikistan ini membuat sejumlah keputusan polemis yang bikin rugi Indonesia.

Sejumlah keputusan polemis wasit itu jadi dasar protes PSSI pada AFC. “Kita PSSI akan layangkan surat protes. Karena ada banyak barusan, kartu merah Ivar, harusnya tidak kartu merah. Kita protes,” tutur Erick di Doha, Selasa (16/4/2024).

Sebagai liga, PSSI punyai kewenangan untuk sampaikan protes sah. Apalagi ada banyak adegan dalam laga yang bikin rugi tim nasional Indonesia.

“Kita sebagai liga akan melontarkan protes berkaitan perform wasit. Kalian saksikan semua masyarakat Indonesia, warganet media sosial, semuanya sama kita. Karena mereka mengetahui, ini bukanlah games yang fair. Tetapi kita masih mempunyai dua games. Kita fight di lapangan,” tutur Erick.

Erick juga memberi pesan di depan beberapa pemain supaya tidak dipengaruhi atas kepimpinan wasit di pertandingan pembuka. Menurut Erick masih tetap ada dua pertandingan sisa diperputaran group untuk beberapa pemain untuk tampil mati-matian.

“Janganlah sampai games ini menghancurkan konsentrasi kalian. Kita belum usai, masih tetap ada dua games. Kita harus fight. Tersebut kita. Barusan kalian bermain bersembilan, fight. Bersebelas harus dapat semakin fight. Masih tetap ada dua games. Pada konsepnya ini bukanlah akhir, kita masih mempunyai dua games. Kita harus menantang kembali,” tutur bekas presiden Inter Milan tersebut.

Keputusan Wasit Nasrullo Merugikan Indonesia

Pada pertandingan menantang Qatar, Nasrullo membuat sejumlah keputusan yang meruigkan Indonesia. Yang paling fatal ialah kartu kuning ke-2 untuk Ivan Jenner pada awal set ke-2 dan gol ke-2 Qatar dari eksekusi sepakan bebas yang semestinya bukan pelanggaran.

Disamping itu Nasrullo memberi kartu merah untuk Ramadhan Sananta pada menit terakhir dan hadiah penalti untuk Qatar pada pengujung set pertama. Si pengadil gagal memberi kartu merah untuk pemain Qatar yang lakukan tekel keras ke Witan Sulaeman. Hampir akan mengambil kartu merah, Nasrullo pada akhirnya hanya memberi kartu kuning.

Cara Tim nasional Indonesia di Piala Asia U-23 2024

Kekalahannya dengan Qatar membuat Indonesia berat untuk melesat ke set seterusnya di Piala Asia U-23 2024. Indonesia sekarang ada di dasar klassemen Group A. Qatar menempati posisi teratas klassemen dengan point tiga.

Australia dan Yordania ada pada posisi dua dan tiga sesudah bermain seri tanpa gol. Indonesia akan berjumpa Australia dan Yordania di pertandingan seterusnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *