Posisi Pergerakan Lakukan Lompat Jauh dan Langkah Melakukan

Posisi Pergerakan Lakukan Lompat Jauh dan Langkah Melakukan

Posisi Pergerakan Lakukan Lompat Jauh dan Langkah Melakukan

Lompat jauh (long jump) adalah nomor cabang olahraga atletik kelompok lompat. Lompat jauh adalah sesuatu kegiatan melonjak jauh di depan memakai satu kaki untuk menampik di lokasi yang sudah ditetapkan.

Lompat jauh disebutkan sukses bila bisa kuasai tehnik, posisi, sampai tidak ada pelanggaran yang sudah dilakukan. Pada sebuah laga akan diperlombakan hasil paling jauh tiap peserta nya untuk tentukan juara.

Dalam pada itu, menurut Djumidar (2001: 124), lompat jauh ialah dari hasil kecepatan horizontal yang dibikin dari ancang-ancang dengan gerak vertikal yang dibuat dari kaki pijak, formula dari ke-2 faktor hasilkan sesuatu gerak parabola dari titik pusat gravitasi.

Agar bisa lakukan lompat jauh, kamu perlu ketahui posisi pergerakannya. Menurut Nebraska Coaches Association dalam lompat jauh ada 4 posisi:

  1. Awalan (run up)
  2. Tinggal landas (take off)
  3. Melayang-layang (flight)
  4. Landing (landing)

Karena itu, artikel berikut akan menerangkan 4 posisi dan langkah lakukan lompat jauh yang bisa dipelajari, Yok baca penuturannya!

1. Awalan (Run Up)

Posisi pertama ialah tahapan awalan, posisi ini penting sebagai pemasti supaya lompatan yang dibuat dapat maksimal. Tahapan ini seorang pelompat perlu ke arah papan landas dengan lari sprint dan memerhatikan irama. Pelompat perlu berlari sekitaran 30 sampai 50 mtr. saat sebelum capai papan tinggal landas/sandaran.

Awalan mempunyai tujuan supaya pelompat mempunyai style dorongan yang optimal dan badan lebih gampang agar bisa lakukan lompatan atau tolakan ke atas pada papan tinggal landas. Berikut tingkatan lakukan awalan:

  • Posisikan pandangan ke arah lempeng di depan.
    Ambil sikap awalan salah satunya kaki ada di depan (kaki kiri atau kanan).
  • Posisikan ke-2 tangan dari sisi untuk jaga sikap imbang.
  • Ambil ancang-ancang waktu berlari.
  • Posisikan pinggang di turunkan sedikit untuk menambahkan daya pergerakan berlari.
  • Mulai perlahan-lahan dan perlahan-lahan dengan menambahkan kecepatan berlari sampai sprint saat sebelum mencapai sandaran.
  • Dalam berlari seharusnya tidak mengganti cara hingga bisa lakukan style tolakan dengan optimal.

2. Lepas Landas (Take Off)

Posisi ke-2 ialah tinggal landas (take off) atau tolakan. Pada posisi ini, salah satunya kaki pelompat ada di atas tanah untuk lakukan tolakan di papan yang sudah disiapkan untuk hasilkan ketinggian tertentu.

saat lakukan tolakan perlu pastikan kaki ada pada posisi yang betul. Pelompat lakukan tolakan dan dorongan vertikal yang menempatkan pinggul sedikit di depan dibanding pundak. Kaki menggerakkan badan agar naik ke udara. Dibutuhkan kemampuan, kesetimbangan, dan posisi kaki yang betul.

Tolakan harus ada dalam papan sandaran. Bila pelompat melalui batasan dan berkenaan foul line karena itu lompatan dipastikan tidak resmi. Berikut tingkatan pada tinggal landas:

  1. Pandangan lempeng di depan dan jangan menyaksikan ke bawah atau bak pasir.
  2. Anggota badan yang lain ada di posisi tegak lempeng atau horizontal.
  3. Lihat persendian dalam kaki terutama sisi mata kaki, lutut, dan pinggang saat sebelum menampik.
  4. Ayunkan lutut depan dan lengan ke atas.
  5. Pojok tolakan pada lompat jauh sekitaran 45 derajat.
  6. Jangan melonjak terlampau tinggi, fokus untuk memperoleh jarak jauh.

3. Melayang-layang (Flight)

Posisi ke-3 setelah itu tahapan melayang-layang (flight). Tahapan ini dibutuhkan sikap badan yang imbang dengan tehnik seperti style jongkok (tuck), style jalan pada udara (walking in the air), atau menggantung (hang).

4. Landing (Landing)

Posisi paling akhir dalam lompat jauh ialah tahapan landing (landing). Pelompat perlu latih kemampuan badan dan otot sisi bawah seperti pinggang, otot perut, dan tungkai atau kaki untuk jaga kesetimbangan saat landing.

pelompat landing di bak pasir yang hendak diukur jarak nya dari anggota badan yang sentuh bak pasir terdekat dengan garis sandaran. Karena itu, perlu memerhatikan sikap badan saat landing dengan mencondongkan badan di depan.

Berikut tingkatan landing (landing) lompat jauh:

  1. Pandangan ke arah tempat pendaratan
  2. Ke-2 kaki dilempengkan di depan dan dirapatkan.
  3. Tekuklah sedikit lutut, dan telapak kaki ke arah pendaratan.
  4. Posisikan tubuh dibawa di depan.
  5. Ayunkan ke-2 tangan selanjutnya dilempengkan di depan, saat landing posisi tangan siap menyokong tubuh.
  6. Landinglah dengan ke-2 kaki landing dengan bersama.
  7. Kerjakan secara posisi imbang.

Itu lah adalah posisi tingkatan dan langkah lakukan lompat jauh yang penting kamu lihat dan kenali. Mudah-mudahan artikel berikut berguna ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *