CARA TERNAK IKAN HIAS UNTUK ANDA YANG INGIN MENJUAL HASIL PETERNAKAN DI PADI UMKM

hasil peternakan

Cara pertama ternak ikan hias untuk anda yang ingin jual hasil peternakan di pasar digital UMKM yaitu Pemilihan Indukan yang Baik, Kualitas indukan akan mempengaruhi kualitas ikan Mas yang akan diternakkan. Untuk itu, pemilihan indukan menjadi satu hal penting yang harus diperhatikan. Ciri-ciri indukan berkualitas adalah ikan memiliki bentuk yang proporsional dan tidak cacat. Untuk indukan jantan memiliki tubuh lebih ramping dibanding dengan indukan betina yang lebih besar.

Cara kedua ternak ikan hias untuk anda yang ingin jual hasil peternakan di pasar digital UMKM yaitu Persiapan Kolam & Pemijahan Indukan, Pemijahan indukan dapat dilakukan dengan dua cara alami dan buatan. Cara alami dapat dilakukan dengan pembuahan sel sperma jantan ke sel telur betina secara alami. Sedangkan untuk cara buatan adalah dengan pembuahan in vitro, atau melakukan proses penyuntikan menggunakan hormon atau hipfisa. Sedangkan untuk kolam terdapat dua jenis kolam yang dapat dipilih, yaitu kolam tanah dan kolam air deras.

Cara ketiga ternak ikan hias untuk anda yang ingin jual hasil peternakan di pasar digital UMKM yaitu Pendederan Benih Ikan Mas, Pendidikan dapat dilakukan dengan 3 tahap. Tahap pertama, dimulai dari penebaran Larva umur 7 hari dan dengan kepadatan hingga 200 ekor/m². Dilanjutkan dengan tahap kedua, yaitu Artikan berumur 4 minggu dengan kepadatan kolam maksimal 75 ekor/m². Selanjutnya tahap ketiga, yaitu dengan kepadatan 50 ekor/m² dan bobot ikan yang mencapai 100 gram. Dalam memindahkan ikan perlu dilakukan dengan hati-hati, usahakan tidak melukai ikan dan tidak membuat ikan menjadi stres.

Cara keempat ternak ikan hias untuk anda yang ingin jual hasil peternakan di pasar digital UMKM yaitu Pemberian Pakan & Perawatan, Untuk pakan ikan terdapat 2 jenis, yaitu pakan alami dan pakan buatan. Untuk pakan buatan seperti pelet dapat diberikan sehari 2x, yaitu pagi dan sore hari. Untuk jumlahnya harus diperhatikan, karena tidak disarankan untuk memberikan secara berlebihan. Sisa makanan yang berlebih, akan menjadi tempat penyakit berkembang dan dapat mengganggu pertumbuhan ikan mas.

Cara kelima ternak ikan hias untuk anda yang ingin jual hasil peternakan di pasar digital UMKM yaitu Pakan Azolla, Saat pemberian antiseptik dilakukan secara berantakan. Sebagai pencegah serangan bakteri juga perlu diperhatikan, dengan menggunaan ramuan herbal yang dapat menjadi pencegah serangan bakteri, salah satunya adalah kipahit dan sirih. Kipahit dan sirih dapat digunakan sebagai anti bakteri supaya ikan mas bebas dari jangkitan penyakit. Penggunaannya, Anda cukup menjemur kedua bahan tersebut kemudian direndam dengan air.

Cara keenam ternak ikan hias untuk anda yang ingin jual hasil peternakan di pasar digital UMKM yaitu Air rendaman dapat disemprotkan ke pakan yang akan diberikan pada ikan. Diperhatikan bahwa bahan ini digunakan dalam keadaan kering, karena saat segar mengandung getah yang dapat meracuni ikan. Perhatikan pula jumlah penggunaannya yang jangan terlalu banyak. Disarankan hanya menggunakan 4% dari jumlah pakan.

Cara ketujuh ternak ikan hias untuk anda yang ingin jual hasil peternakan di pasar digital UMKM yaitu Panen, Panen dapat dilakukan dengan setengah menyurutkan air dan menangkap ikan, kemudian dipindahkan ke tempat pengumpulan. Ikan mas yang telah dipanen dapat dipilih berdasarkan berat dan kualitasnya. Perhatikan pada proses ini harus dilakukan dengan hati-hati, agar kualitas ikan tidak menurun. Setelah panenan selesai kolam dapat dibersihkan dan dipersiapkan untuk proses pemijahan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *