Kelebihan dan Kekurangan Layanan Listrik Pascabayar

Listrik pascabayar merupakan sistem berlangganan listrik PLN (Perusahaan Listrik Negara), di mana pelanggan listrik melakukan pembayaran setelah menggunakan layanan listrik tersebut. Adapun nominal tagihan yang harus dibayar adalah sesuai dengan energi listrik yang digunakan pada bulan sebelumnya. Yuk simak apa saja sih kelebihan dan kekurangan listrik pascabayar ini.

Kelebihan Listrik Pascabayar

1.     Ketersediaan Listrik Pasti di Setiap Bulannya

Jika Anda menggunakan layanan listrik pascabayar, maka Anda akan bisa menikmati layanan listrik penuh setiap bulannya. Listrik akan selalu tersedia hingga nanti datangnya waktu tenggat pembayaran listrik di akhir bulan. Jika misalnya pembayaran listrik ditunggak, barulah pihak PLN akan memutus layanan listrik. Namun jika pembayaran lancar, listrik akan selalu ada.

Kondisi ini berbeda dengan layanan listrik prabayar. Jika menggunakan listrik prabayar, listrik akan bisa mati tiba-tiba, jika sekiranya pulsa token listrik yang diisikan sebelumnya sudah habis. Jadi, Anda pun harus siap siaga listrik bisa saja mati secara tiba-tiba, bahkan di tengah malam sekali pun. Kondisi seperti ini tak akan dialami oleh pelanggan listrik pascabayar.

2.     Tak Perlu Repot Mengisi Ulang Token Listrik

Berbeda dengan listrik prabayar, Anda sama sekali tak perlu repot membeli pulsa token listrik lalu menginputnya di meteran. Listrik pascabayar bisa langsung Anda gunakan, selama pembayaran tagihan listrik dilakukan secara rutin setiap bulannya. Jadi, bagi Anda yang tak ingin ribet, listrik pascabayar bisa menjadi pilihan.

Kekurangan Listrik Pascabayar

1.     Kemungkinan Tagihan Listrik Membengkak

Dibalik kelebihannya, tentu ada kekurangan dari sistem listrik pascabayar ini. Salah satu kekurangannya yang kerap kali dikeluhkan oleh para pelanggan listrik adalah tagihan listrik yang membengkak di akhir bulan. Dibandingkan dengan sistem listrik prabayar, listrik pascabayar memang cenderung membuat pelanggannya sulit untuk mengontrol pemakaian listriknya.

Akibat dari tidak adanya kontrol ini, terjadilah pemakaian listrik yang melampaui batas. Alhasil, tagihan listrik pun jadi membengkak. Bahkan, tak jarang pelanggan listrik pascabayar mengeluhkan kalau pemakaian listriknya kadang tak sesuai dengan tagihan listrik yang harus dibayarkannya.

2.     Kemungkinan Terjadinya Kesalahan dalam Pencatatan

Dalam menentukan tagihan listrik pascabayar, petugas PLN akan mendatangi setiap rumah untuk mencatat berapa kilometer listrik yang terpakai di bulan tersebut. Sistem pencatatan manual seperti ini tentu memiliki celah kesalahan yang lebih besar. Tak menutup kemungkinan terjadinya kesalahan pencatatan, yang kemudian membuat nominal tagihan listrik pun jadi tak akurat.

Bayar Tagihan Listrik Pascabayar di Orami

Bagi Anda yang menggunakan layanan listrik pascabayar, memastikan pembayaran listrik tepat waktu merupakan keharusan agar tak terjadi pemadaman oleh PLN. Pembayaran listrik pascabayar bisa Anda lakukan di Orami, karena Orami jual PLN pascabayar yang memungkinkan Anda untuk bayar tagihan listrik kapan dan di mana saja.

Itulah tadi kelebihan dan kekurangan dari sistem listrik pascabayar. Agar layanan listrik pascabayar bisa terus Anda nikmati, lakukan pembayaran tagihan listrik secara rutin, yang mana pembayarannya bisa Anda lakukan via Orami. Sembari membayar tagihan listrik, Anda juga bisa beli aneka kebutuhan bayi, karena Orami juga jual peralatan bayi lengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.