Doa Akhir Bulan Safar untuk Meminta Pelindungan, Dapat Dibaca Saat Rebo Wekasan

heartsonfirereviews.com – Umat Islam sekarang ini telah masuk bulan akhir Safar. Dalam rencana tutup bulan Safar, disarankan untuk membaca doa bulan akhir Safar untuk meminta pelindungan dan tolak bala.

Berdasar kalender Hijriah 2024, bulan akhir Safar jatuh di tanggal 4 September 2024 keesokan hari. Tetapi, penggantian hari dalam kalender Hijriah berdasar pada perubahan bulan, karena itu awalnya hari jatuh saat malam hari satu hari sebelumnya. Maknanya, malam hari ini telah masuk hari bulan akhir Safar.

Dalam pada itu, salah satunya adat warga Jawa yang tetap dilestarikan sampai sekarang ini ialah Rebo Wekasan. Adat ini diadakan di hari Rabu paling akhir pada bulan Safar. Karena itu, doa meminta pelindungan dan tolak bala bisa dibaca saat Rebo Wekasan.

Berikut bacaan doa meminta pelindungan dan tolak bala komplet dengan tulisan Arab, latin, dan maknanya.

Doa Meminta Pelindungan
D ikutip dari buku Doa dan Zikir Sepanjang Tahun oleh H Hamdan Hamedan, MA, umat Islam dapat mempraktikkan doa berikut untuk meminta pelindungan pada hari paling akhir bulan Safar.

Allaahumma innii a-‘uudzu bika minal hammi wal hazani wal ‘ajzi wal kasali wal bukhli wal jubni wa ghalabatir rijaal.

“Ya Allah, saya berlindung kepada-Mu dari kegundahan, kesedih- an, ketidakberdayaan, kemalasan, kebakhilan, kepengecutan, dan dari penganiayaan oleh seseorang.” (HR. Nasai no. 5.449)

Doa Tolak Bala
D ikutip dari buku ’71 Doa Harian: Dibarengi Doa-doa Beribadah Komplet’ kreasi K H M Yusuf Chudlori, berikut bacaan doa tolak bala yang dapat dibaca umat muslim:

Al-hamdu lillâhil-ladzi ‘afanî mimmabta- lâka bihi wa fadhdhalani ‘ala katsîrin mim- man khuliqa tafdhila.

Maknanya: “Semua puji untuk Allah Yang selamatkanku atas sesuatu yang Ia berikan masalah kepadaku, dan Ia sudah memprioritaskanku atas beberapa makhluk.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *