DPR Sah Sepakati Herindra Calon Kepala BIN Baru

heartsonfirereviews.com – DPR RI sah menyepakati Wakil Menteri Pertahanan 2019-2024 Herindra jadi Kepala Tubuh Intelijen Negara (BIN). Keputusan ini diambil di pertemuan pleno kesepakatan dan pemikiran penghentian dan pengangkatan calon Kepala Tubuh Intelijen Negara (BIN).

Rapat pleno dipegang oleh Ketua DPR RI Puan Maharani di gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (17/10/2024). Ikut datang dalam jadwal ini Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad, Adies Kadir, Saan Mustopa, dan Cucun Ahmad Syamsurijal.

Rapat dimulai laporan Wakil Ketua DPR Korpolkam Sufmi Dasco Ahmad berkenaan pemikiran Kepala BIN baru. Dasco membacakan surat presiden berkenaan pengangkatan Kepala BIN baru sampai laporan mengenai bugar and proper tes Herindra tempo hari.

Seterusnya, Puan minta kesepakatan DPR atas pengangkatan Herindra sebagai Kepala BIN baru. Semua anggota DPR menyepakati nama Herindra.

“Apa laporan team DPR RI yang putuskan jika Saudara Muhammad Herindra pantas sebagai Kepala BIN gantikan Saudara Budi Gunawan bisa disepakati?” tutur Puan

“Sepakat,” jawab anggota Dewan lainnya. Puan selanjutnya mengetok palu pertanda kesepakatan.

Adapun Herindra telah jalani tes kepatutan dan kelaikan (bugar and proper tes) tempo hari yang dipegang oleh Puan. Puan menyebutkan, berdasar hasil bugar and proper tes itu, DPR menyetujui Herindra sebagai calon Kepala BIN.

“Ya alhamdulillah kami barusan pimpinan DPR bersama team, team perwakilan dari semua fraksi, delapan fraksi yang berada di DPR, lakukan pemikiran atau bugar and proper berkaitan dengan calon Kepala BIN atas nama Bapak Muhammad Herindra,” kata Puan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/10/2024).

Ia menjelaskan team yang lakukan tes kelaikan sudah setuju Herindra jadi Kepala BIN. Ia menjelaskan Herindra akan dikukuhkan oleh Prabowo Subianto sesudah sah jadi Presiden.

“Dari hasil team pemikiran itu mengatakan Bapak Herindra sebagai salah satu calon Kepala BIN dipastikan kami terima agar dapat dikukuhkan ketika waktunya oleh Presiden mendatang, yakni Presiden Prabowo Subianto,” katanya.

Puan minta Kepala BIN yang baru bisa menjaga kestabilan negara. Disamping itu, ia mengharap Kepala BIN bisa jalankan pekerjaannya secara baik.

“Selanjutnya, bagaimana selanjutnya masih tetap menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia ini dapat jalan seperti satu negara yang utuh dan menjaga stabilitas bagaimana sebagai tupoksinya BIN dapat bekerja secara netral,” katanya.

“Selanjutnya sudah pasti bekerja untuk bukan ke saja, tetapi juga menjaga pekerjaan tupoksinya itu untuk ke luar, tujuannya ke luar negeri,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *